Laman

Senin, 21 Mei 2012

Ahli Purbakala Temukan Jenis Raptor Baru

Ahli Purbakala Temukan Jenis Raptor Baru

WASHINGTON - Seekor spesies baru dinosaurus raptor dengan bentuk seukuran dengan anjing hutan (coyote) ditemukan di dekat ikon Arches National Park.

Dilansir ABC Science, Senin (21/5/2012), raptor merupakan dinosaurus yang ditemukan di dekat Doelling Bowl Bone Bed sekira 370 kilometer dari Salt Lake City. Wilayah tersebut merupakan tempat di mana ditemukannya beberapa spesies baru dalam dua dekade terakhir ini serta dianggap sebagai dasar zaman Cretaceous (kapur) yang ada di Utah, Amerika Serikat.

Menurut penjelasan dari Jim Kirkland, pakar paleontolog di Utah Geological Survey, makhluk predator baru ini ditunjuk sebagai genus dinosaurus baru. Spesies tersebut juga dikenal sebagai Yurgovuchia Doellingi.

Yurgovuchia adalah spesies baru dan pertama yang digali di wilayah Doelling Bowl. Kirk mengatakan bahwa ilmuwan percaya terdapat sekira enam spesies baru yang kemungkinan ditemukan di lokasi ini.

"Semua yang kami te mukan adalah spesies baru. Saya rasa ada tempat yang mana merupakan populasi berkembang yang belum kami lihat," ujar Kirk.

Spesies raptor baru ini diyakini menjadi leluhur dari Utahraptor yang diketahui lebih muda dan jauh lebih besar. Ilmuwan mengidentifikasinya berdasarkan kesamaan dalam potongan fosil tulang.

Kabarnya, nama dinosaurus baru ini didasarkan pada kata India yang disebut Ute, sebuah kata untuk coyote, yakni Yurgovuch dan Doellingi merupakan nama lokasi di mana raptor itu ditemukan. Uraian mengenai spesies raptor baru itu telah dipublikasikan pekan ini dalam jurnal PLoS One. (fmh)

Sindikasi techno.okezone.com

Another Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles