Laman

Selasa, 08 Mei 2012

RI - Korea Utara Tandatangani Kerjasama Bidang TIK

RI - Korea Utara Tandatangani Kerjasama Bidang TIK

JAKARTA â€" Indonesia dan Republik Demokratik Rakyat Korea (RDRK) menandatangani kerjasama di bidang komunikasi dan teknologi informasi, yang dikemas dalam Agreed Minutes Pertemuan Komisi Informasi Bersama (JIC) pertama, siang ini di Yogyakarta. Sekjen Kementrian Komunikasi dan Informatika RI Basuki Iskandar, Ketua Delegasi RI dan Ketua Delegasi RDRK Mr Jong Yong Chol dalam pertemuan JIC bertukar tandatangan.
 
Kerjasama RI dan RDRK ini diwujudkan melalui pertukaran materi seperti berita, foto dan program-program televisi. Selain itu, juga termasuk program pembangunan kapasitas melalui pertukaran kunjungan pejabat pemerintag yang menangani komunikasi dan informasi maupun pertukaran kunjungan jurnalis anatara kedua negara.
 
“Pembentuukan JIC yang pertama antara RI-RDRK menjadi forum yang penting bagi realisasi kerjasama antara kedua negara. Forum JIC merupakan jembatan bagi upaya perluasan Government to Government, Government to People, maupun people to people contact bagi kedua negara,” ujar Direktur Informasi dan Media Kementrian Luar Negeri PLE Priatna, seperti dikutip dair keterangan resminya, Rabu (9/5/2012).
 
Menyusul kedatanan Presiden Presidium SPA RDRK Kim Yong Nam ke Indonesia pertengahan bulan ini (13/5), RDRK memang tengah mempersiapkan sejumlah kerjasama dan kemitraan di antara kedua negara. Kerjasama di bidang komunikasi dan teknologi komunikasi adalah salah satunya.
 
“Selain kerjasama antara Komite Informasi RDRK dengan Kemkominfo RI, kami juga akan mendorong kemitraan yang erat RI-RDRK melalui peran aktif lembaga/news agency seperti TVRI, RRI dan Kantor Berita Antara,” tambah Priatna.
 
Pada tataran teknis, pertemuan ini menyepakati beragam program kerjasama seperti pertukaran materi program dokumenter untuk televisi, program radio broadcast dan Plan of Cooperation pengiriman berita, foto dan audio files (Antara dengan KCNA). Dalam kesempatan ini, pihak TV RI yang diwakili Kepala Stasiun TVRI Yogyakarta memberikan beberapa rekaman program dokumenter yang diharapkan dapat menjadi awal pelaksanaan kerjasama.
 
Sementera itu, menurut rencana pertemuan JIC akan dilaksanan di Pyongyang, RDRK pada tahun depan.
(fmh)

Sindikasi techno.okezone.com

Another Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles