Laman

Kamis, 31 Mei 2012

Tips Praktis Sebelum Menyewa Rumah Tinggal

Tips Praktis Sebelum Menyewa Rumah Tinggal


Menyewa rumah menjadi salah satu pilihan bagi mereka yang ingin memiliki hunian sendiri, tapi belum memiliki uang yang cukup untuk membelinya. Meski relative mudah menemukan rumah untuk disewa, ada beberapa hal dasar yang perlu dicermati agar Anda bisa merasakan kenyamanan yang optimal, antara lain yaitu:

1. Lingkungan Rumah. Poin ini menjadi sangat penting demi kenyamanan Anda dan keluarga saat menempati rumah tersebut. Untuk itu, Anda sebaiknya jangan terburu-buru saat melakukan survey. Anda bisa berjalan ke lingkungan sekitar dan berkomunikasi dengan warga yang terlebih dahulu tinggal disana. Bila perlu ajaklah si pemilik rumah untuk berkeliling. Lebih baik Anda melakukan kegiatan ini pada senja atau malam hari karena pada saat inilah sebagian besar waktu akan dihabiskan di rumah. Perhatikan penerangan jalan dan kondisi di sekitar lokasi rumah. Kemudian perhatikan lokasi rumah, apakah rawan banjir atau tidak.

2. Keamanan. Keamanan juga menjadi hal yang harus diberi sorotan, tanyakan pada pemilik rumah atau warga sekitar tentang system keamanan yang berlaku di sana.

3. Kemudahan Akses. Perhatikan pula kondisi jalan masuk dan akses ke fasilitas-fasilitas umum, seperti rumah sakit, pasar ataupun pusat perbelanjaan yang barangkali bisa menjadi nilai tambah. Begitu pula dengan ada tidaknya angkutan umum yang menjangkau daerah rumah yang akan disewa.

4. Hewan Peliharaan. Jika akan membawa hewan peliharaan, sebaiknya Anda tanyakan pada pemilik rumah apakah dijinkan atau tidak. Dengan beberapa alas an tertentu â€"misalnya takut mengotori tembok atau membuat takut warga sekitar- ada pemilik rumah yang merasa keberatan jika ada orang yang membawa hewa peliharaan ke dalam rumah.

5. Tempat Parkir. Hal lain yang harus dipertimbangkan adalah besarnya tempat parker yang tersedia. Jangan sampai Anda harus memikirkan tempat lagi untuk memarkir mobil. Kendaraan yang diletakkan di dekat rumah tentu relaitf jauh lebih aman bukan?

6. Biaya Renovasi. Jika Anda ingin sedikit melakukan renovasi pada rumah agar lebih nyaman maka perhitungkan pula ongkosnya, kecuali jika si pemilik rumah yang hendak membayar semua ongkos tersebut. Perhatikan perbaikan mana saja yang Anda inginkan dan hitung biaya yang dibutuhkan agar budget bisa tetap terjaga.

7. Perjanjian Kontrak. Setelah out, Anda tinggal membuat perjanjian kontrak dengan pemilik rumah. Cermati setiap syarat yang diajukan, jangan ragu untuk bertanya atau menyatakan keberatan pada syarat yang dirasa mengganjal. Tanyakan pula fasilitas yang bisa didapat dengan uang sewa yang diajukan.

Sumber

tipsanda.com

Another Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles