Laman

Rabu, 27 Juni 2012

Foxconn Tertarik Investasi di Indonesia

Foxconn Tertarik Investasi di Indonesia

JAKARTA - Foxconn Technology Group (Foxconn) tertarik untuk membangun pabrik di Indonesia. Foxconn adalah perusahaan manufaktur mitra Apple.

Salah satu produksinya adalah Ipad. Foxconn sendiri telah berinvestasi di Brasil dan berencana untuk menambah lima fasilitas produksi baru di negara itu.

Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan, hal tersebut dibahas pada saat Menteri Perdagangan Gita Wirjawan dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berkunjung ke Taiwan pada beberapa waktu lalu.

Hidayat memperkirakan, nilai investasi Foxconn di Indonesia bisa mencapai lebih dari USD1 juta miliar, serta mampu menyerap sekitar satu juta orang tenaga kerja.

“Foxconn itu mau masuk ke Indonesia dengan membawa teknologinya, karena Foxconn itu membuat komponen software dan hardware bagi semua merek komputer,” kata Hidayat usai acara penandatanganan MoU Apindo dan Chinese National Federation of Industries (CNFI) di Kementerian Perindustrian (K emenperin), Jakarta, Rabu (27/6/2012).
 
Hal senada diungkapkan oleh Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi. Menurutnya, potensi investasi yang akan ditanamkan oleh Foxconn di Indonesia memang sangat besar. Bahkan, kata dia, lebih besar dibandingkan BlackBerry.

Sofjan memperkirakan, saat ini Foxconn sudah mempekerjakan sekitar 1,3 juta orang tenaga kerja di China. Foxconn, kata dia, tengah memperluas bisnisnya di negara lain, seperti Brasil, Vietnam, dan Malaysia. Saat ini, kata dia, Foxconn tengah melirik potensi yang dimiliki oleh Indonesia. 

“Mereka cari tempat untuk investasi, apakah bisa atau tidak di Indonesia. Kemungkinan memang di pulau Jawa,” ucapnya.

Foxconn, kata dia, nantinya membutuhkan banyak tenaga kerja, terutama ahli mesin. Sebelum mempekerjakan tenaga kerja Indonesia, menurutnya, Foxconn akan melatih mereka terlebih dahulu selama sekita 1-2 tahun, baru kemudian membuka pabrik.

“Kalau perlu mer eka membuat sekolah sendiri disini, Teknologi mereka sudah punya sendiri,” jelasnya.

Untuk itu, lanjutnya, pemerintah perlu mempersiapkan sejumlah kebijakan yang bisa mendukung investasi Foxconn. Apindo, kata dia, berkomitmen untuk melakukan koordinasi dengan pemerintah.
(amr)

Sindikasi techno.okezone.com

Another Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles