Laman

Sabtu, 28 April 2012

Primbon Jawa : Primbon Mimpi, Tafsir dan Makna Mimpi

Primbon Jawa : Primbon Mimpi, Tafsir dan Makna Mimpi

Primbon Jawa : primbon mimpi, makna dan tafsir mimpi. Ada yang berpendapat bahwa arti mimpi itu hanya bunga tidur, tapi untuk sebagian orang mempercayai bahwa mimpi adalah sarana atau pertanda yang di berikan Yang Maha Kuasa kepada kita. Karena adalah tidak mungkin kalau Allah itu akan langsung menyampaikan sesuatu kepada umatnya, apalagi hanya umat biasa, dan bukan termasuk umat pilihan kekasih Nya. Saya kira masing-masing saja dalam menyikapi tentang arti mimpi, sejauh tidak melanggar aturan-aturan agama (terutama), sosial dan hukum negara. Tidak semua hal bisa dijelaskan dengan logika dan akal sehat oleh manusia.

Tafsir Mimpi

Tafsir Mimpi

Berbeda dengan primbon jodoh di tulisan sebelumnya yang pakai script, di primbon mimpi atau makna dari suatu mimpi saya baca dari buku primbon Jawa. Arti mimpi di buku primbon yang berbahasa Jawa agak-agak susah saya mengartikannya, karena seperti bahasa Jawa sastra, bukan bahasa sehari-hari. Untuk mimpi sendiri ada 3 bagian waktu ketika bermimpi, yaitu Sasmitaningroh, Daradasih dan Cakrabawa. Di sini tidak atau belum saya tulis tentang perhitungan waktu tersebut karena akan menyangkut dari arti mimpi kita, dan juga akan sangat detail perhitungan saat mimpi menyangkut hari, jam, pasaran dan beberapa faktor lainnya.

Dan berikut beberapa dari Primbon Mimpi, tafsir dan makna mimpi :

Disembur (mengeluarkan bisa/racun ular lewat tiupan mulut) ular berarti akan dapat jodoh. Mimpi digigit ular : ada orang yang berbuat jelek terhadap kita. Melihat tungku ada ular mati atau melihat bekas kulit ular : panjang umur.

Mengambil air wudhu : bersih suci dan sempurna pekerjaannya. Mimpi cuci muka : keluar dari permasalahan yang sedang dihadapi. Mimpi mandi di sumur sendiri : akan sakit karena sesuatu yang ghaib. Mandi di sungai yang airnya deras : kalau sedang sakit akan segera sembuh. Mimpi di sungai yang airnya kering / sedikit : susah rejekinya.

Mimpi menyelam airnya hambar, atau melompati sungai sungai dan tidak bisa kembali : akan sakit keras atau meninggal (hanya Allah Maha Tahu). Menyelam di sungai yang airnya sangat dingin : akan mengerjakan sesuatu tugas dari pembesar (disebut sebagai Ratu di buku primbon Jawa ini). Hanyut di sungai : akan menderita kerugian. Mimpi hanyut terbawa sampai laut : akan menemui kesenangan serta dalam pekerjaannya. Mimpi berada di tengah laut : akan mendapat uang/harta yang banyak. Menyelam di air yang keruh : akan menderita atau akan bertapa/semedi (mungkin bisa diartikan orang yang sedang bertapa semedi itu harus mengekang semua keduniaan, dan ini membuat menderita badan dan nafsu). Menyelam di air bening : akan mendapat kenikmatan/kesenangan.

Mimpi masuk atau tercebur tidak sengaja ke telaga : akan mendapat salah yang besar. Tenggelam di telaga : akan dibutuhkan tenaga atau keahliannya oleh negara. Mimpi berdiri di atas air : akan mendapat kesusahan. Mimpi berjalan di atas air tanpa menapak : akan mendapat pangkat/jabatan atau kemuliaan. Tercebur sumur atau sungai : akan mendapat kesusahan atau ada salah seorang famili yang meninggal ( hanya Allah Maha Tahu). Mimpi berenang di sungai atau laut : akan kesampaian yang menjadi niat tujuannya.

Mimpi tenggelam di air keruh : akan pergi dan tidak kembali. Mimpi tenggelam di air jernih / bening : akan mendapat ilmu atau harta. Disiram air sungai : akan mendapat masalah. Pekarangan rumah kemasukan air (banjir mungkin artinya) : akan mendapat kerusakan / kesusahan atau ada famili yang meninggal (hanya Allah Yang Maha Tahu).

Masih banyak sekali di buku primbon mimpi ini, di atas hanya baru tentang ular, air, sungai, telaga dan laut. Selain karena pegel ngetiknya juga primbon mimpi ini bahasanya yang Jawa sastra agak susah mengartikan ke dalam bahasa Indonesia. Mungkin google terjemahan juga bingung kalau suruh mengartikan dengan benar. Lain kali atau di kesempatan menulis berikut nya mungkin akan dilanjutkan tentang primbon mimpi, misalnya mimpi tentang gunung, makanan, minum, perasaan, kejadian alam dan masih banyak arti mimpi lainnya. Tentu saja bagi yang percaya, karena semua kembali kepada Allah SWT.



Bagikan ke Teman Melalui :
Kolom Informasi

Another Posts:

0 komentar:

Poskan Komentar

Social Profiles