Laman

Selasa, 24 Juli 2012

Google Rayakan Ulang Tahun Pelopor Penerbangan

Google Rayakan Ulang Tahun Pelopor Penerbangan

JAKARTA â€" Mesin pencari Google kembali memperingati hari lahir tokoh terkenal dunia. Kali ini ada gambar perempuan yang berdiri di atas pesawat untuk merayakan ulang tahun ke 115 tahun pelopor penerbangan, Amelia Mary Earhart.
 
Dilansir dari Wikipedia, Selasa (24/7/2012), wanita kelahiran 24 Juli 1897 ini bukan hanya seorang pelopor penerbangan, tapi juga penulis dan pejuang hak wanita Amerika Serikat (AS). Earhart merupakan wanita pertama yang menerima Distinguished Flying Cross, karena menjadi wanita pertama yang terbang sendiri menyeberangi samudera Atlantik.
 
Wanita yang dijuluki Ratu Udara oleh pers AS ini memiliki peran penting dalam pendirian Ninety-Nine, yakni organisasi pilot wanita.
 
Suatu waktu, dia pernah mengunjungi pameran di Toronto, Ontario dengan salah satu acara penting yang dilaksanakan adalah pameran penerbangan pesawat yang dilakukan oleh “ahli” Perang Dunia I. Lalu ket ika seorang pilot yang mengendarai pesawat mendekati Earhart dan temannya. “Saya tidak mengerti saat itu. Tapi saya percaya pesawat merah kecil itu mengatakan sesuatu padaku,”ujar Eaehart saat itu.
 
Keinginannya belajar menerbangkan pesawat bermula ketika ia dan ayahnya pergi ke sebuah lapangan udara di Long Beach. Di lapangan udara itu, Frank Hawks (yang terkenal sebagai pembalap udara) memberinya tumpangan yang selamanya mengubah kehidupan Earhart.
 
“Pada saat aku mencapai dua atau tiga ratus kaki di atas permukaan, sata tahu bahwa saya harus terbang,” tuturnya. Setelah terbang selama 10 menit, dia segera memutuskan untuk belajar menerbangkan pesawat.
 
Earhart melakuka pelajaran penerbangan pertamanya pada 3 Januari 1921 di lapangan udara Kinner di dekat Ling Beach. Saat bertemu dengan gurunya, Anita Snook, dia menyampaikan sebuah permintaan, “Saya ingin terbang. Maukah kamu mengajariku?”
 
Enam bulan kemudian Earhart memb eli sebuah pesawat bersayap ganda kuning Kinner Airster yang dinamai “Canary”. Pada 22 Oktober 1922, dia menerbangkan pesawat itu pada ketinggian 14 ribu kaki dan menciptakan rekor dunia perempuan.
 
Lalu pada 15 Mei 1923, Earhart menjadi perempuan ke 16 yang mendapatkan izin pilot (nomor 6017) oleh Federation Aeronautique Internationale (FAI).
 
Pada 2 Juli 1937, Earhart hilang secara misterius di tengah-tengah Samudera Pasifik di dekat pulau Howland dan dinyatakan tewas pada 5 Januari 1939. Selama beberapa dasawarsa sejak hilangnya Earhart, banyak muncul desas-desus dan legenda beredar (dan sering diterbitkan) tentang kemungkinan yang telah terjadi pada Earhart dan krunya Fred Noonan.
(adl)

Sindikasi techno.okezone.com

Another Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles