Laman

Selasa, 31 Juli 2012

Robot "Tempur" Ini Dikendalikan Smartphone

Robot "Tempur" Ini Dikendalikan Smartphone

TOKYO - Perusahaan elektronik di Jepang mengucurkan dana hingga USD1,2 juta untuk pengembangan robot yang dapat menembak bola peluru mainan. Robot yang mirip dalam film Avatar tersebut bisa dikendalikan melalui perangkat smartphone.

Dilansir Theage, Selasa (31/7/2012), robot itu dinamakan KR01 Kuratas Battle Mech atau biasa disebut dengan nama Kuratas. Robot itu diungkap pada perhelatan Wonder Festival oleh Suidobashi Heavy Industry di Tokyo, Jepang.

Mesin robot bertenaga diesel tersebut memiliki tinggi empat meter dan berat sekira 4,5 ton. Bobot yang tergolong berat itu tetap mampu membuatnya berlari dalam kecepatan 10 km/jam dengan menggunakan empat buah roda.

Kuratas dilengkapi senapan mesin yang dapat menembakkan 100 peluru (bola, bukan peluru sungguhan) dalam satu detik. Senapan itu diaktifkan melalui teknologi facial tracking, yang memungkinkan robot untuk menembakkan peluru ketika pilotnya tersenyum.

< p>Fitur canggih lainnya yang dimiliki Kuratas yakni kemampuan robot untuk dikendalikan secara aman melalui perangkat smartphone. Menggunakan aplikasi yang dinamakan sistem kontrol MasterSlave, memungkinkan smartphone dan tablet sebagai kontrol penuh ketika perangkat itu terkoneksi melalui jaringan 3G.

Robot "Tempur" futuristik itu juga bisa dikendalikan dari dalam kokpit yang mendukung gaya kontrol augmented reality pada display. Teknologi gerak sensor memungkinkan pilot untuk menggerakkan tubuh, lengan dan tangan robot melalui 30 sendi hidrolik.

Kuratas juga mampu menggenggam dan mengambil benda menggunakan jari yang menyerupai cakar. Selain itu, robot tersebut juga bisa melakukan tugas-tugas seperti memadamkan kebakaran atau membersihkan lingkungan. (fmh)

Sindikasi techno.okezone.com

Another Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles