Laman

Sabtu, 28 Juli 2012

Pesawat Antariksa Jepang Mendarat di ISS

Pesawat Antariksa Jepang Mendarat di ISS

TOKYO - Pesawat antariksa tak berawak yang diluncurkan Jepang telah mendarat dengan selamat di International Space Station (ISS). Pesawat ini membawa kiriman makanan, peralatan dan eksperimen sains pelajar.

Diwartakan Live Science, Sabtu (28/7/2012), pesawat luar angkasa bernama Kounotori 3 (HTV-3) ini terbang sekira 12 meter dari ISS dan ditangkap menggunakan lengan robot milik stasiun luar angkasa tersebut. Lengan robot ini dikendalikan dari dalam oleh Joe Acaba dari NASA dan Aki Hoshide dari JAXA.

Menggunakan lengan robot Canadarm2, Acaba dan Hoshide memanuverkan Kounotori ke tempat pendaratan yang menghadap Bumi, pada node Harmony di stasiun luar angkasa tersebut.

Kounotori diluncurkan dari Tanegashima Space Center pada 20 July, menggunakan sebuah roket H-2B besutan Jepang. Ini adalah ketiga kalinya kendaraan luar angkasa seperti ini diluncurkan Jepang, setelah peluncuran HTVs 1 dan 2 pada September 2009 serta Januari 2011 la lu.

Pesawat antariksa tersebut membawa cargo sekira 3.600 kilogram, termasuk paket perawatan berisi makanan, pakaian dan peralatan lain untuk kru stasiun luar angkasa.

Pesawat ini juga membawa sebuah kamera International Space Station Servir Environmental Research and Visualization System (ISERV). Kamera ini akan dipasang di stasiun luar angkasa dan digunakan oleh para ilmuwan yang bisa menggerakkannya dari Bumi via kendali jarak jauh. (yhw)

Sindikasi techno.okezone.com

Another Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles