JAKARTA - Sosial Media seperti Twitter dan Facebook menjadi tempat yang favorit bagi penggunanya di dunia. Melalui social media itu, para pengguna dapat bertukar informasi tentang informasi pribadi dan lingkungannya. Kemudian, dalam perkembangannya terdapat tiga faktor yang mempengaruhi penggunaan media sosial di Indonesia.
Managing Director Salingsilang.com, Enda Nasution mengatakan, terdapat tiga faktor yang mempenggaruhi perkembangan sosial media di Indonesian. Pertama, kebebasan berbicara memungkinkan masyarakat Indonesia bebas mengutarakan informasi apapun melalui media apapun.
Kedua perbaikan ekonomi, di mana masyarakat dapat dengan mudah membeli perangkat untuk mengakses ke media sosial. Faktor yang ketiga, budaya Indonesia yang gemar bersosialisasi "bercakap-cakap" dengan siapa saja yang mendorong jumlah posting-an di sosial media.
Sekadar informasi, menurut data yang dirilis dari Aworldoftweet mengungka pan, hingga Februari 2012, ada 19,5 juta orang indonesia memiliki akun Twitter saat ini.
Dengan demikian Indonesia menempati posisi keempat sebagai pengguna Twitter terbanyak setelah Amerika Serikat (AS), Jepang, dan Inggris. Kemudian secara global Indonesia menyumbang 12 persen kicauan dari seluruh tweet yang beredar.
Kemudian, masih dari data yang sama, pengguna Twitter di Indonesia sebagian besar mengakses sosial media untuk mengetahui informasi dari media mainstream sekira 40 persen, menshare URL 40 persen dan sisanya untuk bermain games.
Pengguna Twitter di Indonesia lebih sering mengakses akunnya melalui perangkat bergerak (mobile). Di mana para pengguna memilih Ubersocial sebagai aplikasi yang paling banyak digunakan sebesar 37 persen, Twitter for BlackBerry 10 persen, aplikasi lain 0.65 persen. Sementara itu akses melalui web browser hanya mencatatkan 8 persen.
(amr)
0 komentar:
Posting Komentar