Laman

Selasa, 26 Juni 2012

5 Cara Pereda Gatal Karena Nyamuk

5 Cara Pereda Gatal Karena Nyamuk

Aduh, gatalnya digigit nyamuk. Apalagi saat musim kemarau, kalau lingkungan kita kurang bersih maka siap-siap diserbu nyamuk tiap malam.

Gigitan nyamuk memang tak bisa dihindari. Alhasil, produk pengusir nyamuk begitu laku di negara tropis seperti Indonesia. Tetapi terlalu sering menggunakannya juga berbahaya, karena mengandung berbagai zat kimia. Kadangkala, gigitan nyamuk tetap saja kita rasakan.

 
 atjehpost.com
Nah, pakar kesehatan kulit dari New York, Dr. Neal B. Schultz, menyarankan untuk selalu membekali diri dengan obat-obatan alami untuk menyembuhkan rasa gatal akibat gigitan nyamuk.

Menurut Schultz, bentol-bentol akibat nyamuk tidak boleh didiamkan karena rasa gatal yang timbul dapat memicu rasa sakit yang berkelanjutan.

“Nyamuk memasukkan material ke dalam kulit yang menyebabkan peradangan, pembengkakan, ruam merah, hingga rasa panas. Gejala awalnya merupakan rasa gatal,” paparnya kepada Huffington Post.

Untuk menghilangkan bentol-bentol akibat gigitan nyamuk, Schultz menyebutkan beberapa bahan alami yang cukup ampuh.

1.    Lidah buaya
Selama ini lidah buaya akrab di telinga sebagai obat untuk luka bakar. Padahal lidah buaya juga ampuh untuk menghilangkan bentol dan gatal-gatal. C ukup oleskan getah lidah buaya ke kulit yang bentol, lalu diamkan hingga kering dan menyerap.

2.    Teh celup

Menyeduh teh panas di pagi hari? Jangan dulu dibuang kantong tehnya. Kantong teh celup yang sudah didinginkan dapat meredakan peradangan di kulit akibat gigitan nyamuk. Kandungan tannin di dalam teh berfungsi sebagai astringent untuk menciutkan kulit yang membengkak dan mengeluarkan cairan dalam bekas gigitan.

3.    Cuka apel
Teteskan cuka apel ke atas kapas atau cotton bud, lalu oleskan ke bagian kulit yang digigit nyamuk. Cuka apel mengandung zat asam yang membasmi rasa gatal dan ruam merah pada kulit.

4.    Madu
Ada alasan khusus mengapa banyak produk perawatan tubuh yang mengandung madu. Madu memiliki segudang khasiat bagi kesehatan, termasuk mampu menangkal bakteri dan radang di kulit. Caranya cukup oleskan madu ke bagian tubuh yang penuh bentol-bentol.

5.    Es
Mengompres bagian kulit yang bentol dengan es menjadi shock terapi bagi kulit. Es dapat membantu mengurangi pembengkakan dan membuat syaraf pengatur rasa gatal menjadi kaku dan kebas. Khasiat serupa bisa Anda rasakan jika berendam dengan air hangat. Tapi rasa gatalnya akan kembali muncul setelah Anda selesai berendam.


Tentu saja, 5 bahan alami di atas hanya untuk meredakan rasa gatal akibat gigitan nyamuk. Kita tetap harus waspada jangan sampai nyamuk yang menghisap darah kita penyebab malaria atau demam berdarah.
Tempat Shareâ„¢ : Pusat Informasi Online

Another Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles