Laman

Kamis, 09 Agustus 2012

Google & Oracle Bayar Blogger Komentar Soal Gugatan Paten

Google & Oracle Bayar Blogger Komentar Soal Gugatan Paten

CALIFORNIA - Google dan Oracle ternyata membayar blogger untuk menulis komentar tentang gugatan paten kedua perusahaan tersebut. Akhirnya, pengadilan Amerika Serikat (AS) memerintahkan Google dan Oracle merilis informasi pembayaran untuk komentar dan blogger yang menulis tentang proses gugatan paten kedua perusahaan tersebut.
 
Seperti diketahui, Oracle menggugat Google senilai USD 1 miliar sebagai royalti terkait tuduhannya bahwa OS Android merupakan paten milik perusahaan tersebut. Namun bukan hanya juri di persidangan yang menolak klaim tersebut, Hakim juga menolak hak cipta yang diklaim Oracle untuk beberapa kode sumber yang dimaksud.
 
Dilansir dari Cellular News, Kamis (9/8/2012), ternyata kasus kedua perusahaan itu mengundang reaksi dari Hakim AS yang merasa khawatir, bahwa komentar publik mengenai gugatan hukum kedua perusahaan tersebut telah dipengaruhi oleh uang. Pasalnya, meski sebagian b esar publikasi resmi memang mengatur dengan ketat penjualan iklan dan pelaporan berita, tapi ada juga yang mengaburkan garis pemberitaan pada publikasi di blog dan website dalam beberapa tahun terakhir.
 
Oracle pun mengatakan, telah mengungkapkan semua pembayaran yang dilakukan dan kini waktunya bagi Google untuk melakukan hal yang sama.
 
Google diketahui telah melobi dan memberikan uang kepada Electronic Frontier Foundation untuk mengangkat isu-isu yang berkaitan dengan paten. Sedangkan Oracle diketahui membayar komentator paten, Florian Mueller. Namun kedua pihak yang telah dibayar itu menyangkal bahwa pembayaran tersebut mempengaruhi komentar mereka.
(adl)

Sindikasi techno.okezone.com

Another Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles