Laman

Kamis, 23 Agustus 2012

Lebaran, Layanan Data Indosat Melonjak 44 TB

Lebaran, Layanan Data Indosat Melonjak 44 TB

JAKARTA - Pada perayaan Lebaran atau Idul Fitri, Indosat mengungkap terjadi kenaikan traffic di semua jenis layanan. Operator Telekomunikasi itu mengungkapkan, kenaikan tertinggi terjadi pada traffic layanan data.

Traffic data mengalami puncak kenaikan pada hari H-1 yang meningkat menjadi 44,58 Terabyte per hari atau melonjak 30,24 persen dibanding traffic data reguler pada Juni 2012. Bila dibandingkan dengan perayaan Idul Fitri tahun lalu pada hari yang sama, secara keseluruhan traffic data mengalami kenaikan sebesar 59,97 persen.

Division Head Public Relations Indosat Adrian Prasanto menjelaskan, Traffic tersebut terlihat dari H-1 sampai H+1 perayaan Idul Fitri. "Ada kenaikan yang signifikan pada traffic data. Ini karena banyak orang menggunakan smartphone dan jejaring sosial seperti Facebook, Twitter atau chatting saat itu," jelasnya kepada Okezone, Juma t (24/8/2012).

Lonjakan lainnya terjadi pada layanan SMS. Khusus untuk traffic SMS kenaikan tertinggi terjadi pada hari H-1 yang meningkat menjadi 1,025 juta SMS atau naik sebesar 32 persen ketimbang traffic SMS regular pada Juni 2012. Bila dibandingkan dengan traffic pada hari yang sama pada Idul Fitri tahun sebelumnya, terjadi peningkatan sebesar 14 persen.

Sedangkan pada layanan suara, kenaikan traffic tertinggi terjadi pada hari H yang meningkat menjadi 410,37 juta menit atau naik sebesar 23,3 persen dibanding pada Juni 2012. Secara keseluruhan traffic suara meningkat menjadi 12,31 persen dibandingkan dengan traffic suara pada hari yang sama pada Idul Fitri tahun sebelumnya.

Dalam keterangan resminya, Indosat mengungkap telah menyiapkan antisipasi berupa peningkatan kapasitas jaringan. Kapasitas untuk traffic suara dinaikkan menjadi 924 juta menit per hari, peningkatan sebesar 140,6 persen d ibanding traffic regular hari biasa. Untuk SMS, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1,4 Milyar SMS per hari, yakni peningkatan sebesar 62,41 persen dibanding traffic regular hari biasa, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 120 Terabyte per hari, yakni peningkatan sebesar 197,5 persen dibanding trafik reguler hari biasa.

Tingkat keberhasilan pengiriman SMS antar pelanggan Indosat mencapai lebih dari 96 persen dan tingkat keberhasilan pengiriman SMS ke antar operator mencapai sekitar 94 persen. Menurut Indosat, ini berarti tidak ada permasalahan yang signifikan dalam pengiriman SMS baik internal di jaringan Indosat maupun eksternal ke operator lain. Sementara tingkat keberhasilan panggilan suara mencapai 94,5 persen dan data mencapai 99 persen.

“Keberhasilan kami melewati masa sibuk traffic telekomunikasi ini juga tidak lepas dari dukungan SDM yang berada di tim jaringan dengan pemantauan performansi jaringan melalui C ommand Center Lebaran 2012 sebagai bagian dari pusat pengontrolan seluruh jaringan Indosat secara Nasional, yang mulai beroperasi mulai 16 sampai 21 Agustus 2012, beroperasi selama 24 jam penuh,” pungkasnya. (yhw)

Sindikasi techno.okezone.com

Another Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles