Laman

Sabtu, 11 Agustus 2012

Satelit LAPAN-A2 Masuk Tahap Uji Fungsional

Satelit LAPAN-A2 Masuk Tahap Uji Fungsional

JAKARTA - Assembly, integration and test (AIT) LAPAN-A2 melangkah ke tahap uji fungsional setelah menyelesaikan harness dan pemasangan struktur satelit.

Seperti dilansir situs resmi LAPAN, Sabtu (11/8/2012), uji fungsional adalah pengujian terhadap semua fungsi satelit dalam konfigurasi terbang. Misalnya membaca arus yang masuk dari solar panel dengan menyinari solar panel menggunakan lampu yang sangat terang, lalu membaca arusnya via telemetri satelit.

Selain itu juga mengoperasikan muatan kamera dan perangkat lainnya melalui komputer utama dengan perintah yang disampaikan via gelombang radio, atau yang disebut dengan TTC (telemetry & telecommand).

Setelah uji fungsinal oleh tim AIT LAPAN-A2 selesai dilakukan, dilakukan pengujian fungsional oleh tim Quality Control LAPAN-A2, salah satunya adalah Prof. Dr. Udo Renner yang menjadi mentor dalam pembuatan satelit LAPAN yang pertama, LAPAN-TUBS AT. Karena kondisi nya yang tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh ke Indonesia, pengujian fungsi satelit dilakukan secara jarak jauh.

Perangkat yang diperlukan untuk mengakses satelit dalam pengujian tersebut adalah perangkat stasiun Bumi LAPAN-A2 berupa radio-modem dan komputer statiun bumi yang dikendalikan via jaringan internet yang stabil.

Hasil pengujian menyimpulkan bahwa satelit LAPAN-A2 secara umum dalam keadaan baik. Fungsi-fungsi pengendalian yang direncanakan berjalan dengan sempurna, yang berarti kualitas pengerjaan harness LAPAN-A2 baik.

Dari rekomendasi tim Quality Control, ada beberapa penyempurnaan yang harus dilakukan yang melibatkan modifikasi minor pada piranti lunak pengendali satelit di stasiun Bumi, serta piranti lunak pengakses data di komputer utama satelit, untuk memudahkan sistem operasi satelit orbit kelak (yhw)

Sindikasi techno.okezone.com

Another Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles