Laman

Jumat, 24 Agustus 2012

Ilmuwan Temukan Gen Baru Tingkatkan Produksi Padi

Ilmuwan Temukan Gen Baru Tingkatkan Produksi Padi

MANILA - Dalam upaya menggenjot produksi makanan pokok di seluruh dunia, ilmuwan telah menemukan gen baru yang memungkinkan tanaman padi untuk menghasilkan jumlah gabah yang lebih banyak.

Dilansir Ibtimes, Jumat (24/8/2012), tim ilmuwan internasional telah menemukan gen, Phosphorus Starvation Tolerance (PSTOL1) yang dapat membantu produksi tanaman padi untuk dapat menghasilkan sekira 20 persen gabah lebih banyak dengan meningkatkan penyerapan fosfor, nutrisi tanaman utama.

"Selama bertahun-bertahun kami telah mencari gen yang dapat meningkatkan serapan fosfor," ujar ilmuwan senior Sigrid Heuer dari International Rice Research Institute (IRRI).

Ia mengatakan bahwa umumnya petani menerapkan pupuk fosfor untuk meningkatkan produktivitas. Namun, terdapat kendala yakni terkuncinya fosfor di dalam tanah sehingga tidak tersedia bagi tanaman.

Kini, ilmuwan telah menemukan gen yang membantu pertumbuhan tanaman padi, meskipun di medi a tanah dengan fosfor yang rendah. Studi dilakukan pada tanaman padi di Indonesia dan Filipina. Ilmuwan menemukan bahwa gen PSTOL1 membantu menghasilkan gabah lebih banyak, bahkan di tanah yang memiliki fosfor rendah.

Selama percobaan, para ilmuwan mengembangbiakkan tanaman padi dengan gen PSTOL1. Pada dasarnya, tanaman tersebut tidak mengalami rekayasa genetika, namun hanya dirawat serta dibesarkan menggunakan teknik pembibitan modern.

Menurut laporan Eurekalert, gen PSTOL1 yang diuji cobakan di varietas padi untuk area sawah irigasi juga menunjukkan bahwa tanaman tersebut mampu tumbuh dengan sistem akar yang lebih baik. Selain itu, mampu menghasilkan produksi yang lebih tinggi pula.

Secara global, lebih dari 43,3 juta ton beras diproduksi. Kendati demikian, sekitar lima juta anak meninggal akibat kelaparan di seluruh dunia. Penemuan ini diharapkan dapat meningkatkan produksi padi secara signifikan serta memerangi bencana kelaparan di seluruh dunia. (fmh)

Sindikasi techno.okezone.com

Another Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles