Laman

Rabu, 08 Agustus 2012

Menristek: Hakteknas Bukti Orang Indonesia Mampu Berinovasi

Menristek: Hakteknas Bukti Orang Indonesia Mampu Berinovasi

BANDUNG - Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhamad Hatta membuka Pameran Research Innovation Technology (RITech Expo) di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Tamansari.

Pameran yang menyajikan berbagai produk ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) karya anak bangsa ini digelar terkait Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) XVII.

Expo dibuka sekira pukul 11.00 WIB. Menristek juga tampak berkeliling meninjau berbagai stand pameran yang memajang berbagai produk seperti mobil listrik buatan PT Pindad, mobil mirip Ferrary buatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan lain-lain.

"Peringatan Hakteknas ke-17 ini adalah peristiwa penting yang spesial," kata Gusti, dalam sambutan pembukaan pameran, Rabu (8/8/2012).

Menurutnya, gelaran tahunan yang kali ini bertema 'Inovasi Untuk Kemandirian Bangsa' merupakan alat publikasi inovasi teknologi produk dalam negeri. Dia berharap event ini jadi al at publikasi kepada masyarakat bahwa orang Indonesia bisa menghasilkan sesuatu, termasuk mobil.

Peringatan Harteknas ini juga bertujuan untuk pembangunan sistem inovasi nasional (Sinas). Dalam Sinas, Kemenristek sebagai lembaga formulasi kebijakan dan koordinasi pelaksanaan kebijakan berperan sebagai konduktor yang mengkoordinir aktor Sinas.

"Ritech adalah panggung kecil latihan untuk tatap muka dan konsolidasi para aktor inovasi dalam lingkup pilar MP3EI di pusat daerah. Sekaligus bentuk kinerja awal penguatan kemampuan SDM dan Iptek," terangnya.

Melalui Ritech expo ini pihaknya memberikan ruang yang lebih luas kepada para aktor inovasi untuk tampil menunjukkan hasil kerja dalam bentuk pameran dan inovasi.

Selanjutnya, dia meninjau berbagai stand pameran. Dalam kesempatan itu Menristek juga masuk ke dalam salah satu mobil listrik. Setelah itu, Menristek membuka karnaval berbagai produk iptek di ITB Jalan Ganeca.

(amr)

Sindikasi techno.okezone.com

Another Posts:

0 komentar:

Posting Komentar

Social Profiles